TOKOH MATEMATIKA INDONESIA

Indonesia sendiri adalah negara yang juga sangat kaya dengan sejarawan dan juga dengan berbagai penemuan ilmu pengetahuannya. Di indonesia sendiri terkenal beberapa tokoh dalam berbagai bidang seperti arkeolog, sejarawan, dan juga tokoh matematikawan.

TOKOH MATEMATIKA INDONESIA

Jika anda penasaran siapa sajakah tokoh-tokoh tersebut maka dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada beberapa tokoh matematikawan yang ada di indonesia, berikut ini adalah beberapa tokoh matematikawan yang terkenal di indonesia di antaranya.

Dr.Ing. Dr. Sc.h.c. Bacharuddin Jusuf Habibie  (BJ Habibie)

Mungkin tokoh yang satu ini merupakan orang yang sangat dikenal di Indonesia karena kejeniusannya. BJ Habibie yang Lahir di Pare-Pare, 25 Juni 1936. Beliau sendiri ternyata bukan hanya penemu di dalam bidang teknologi penerbangan namun ternyata dirinya juga penemu rumus yang dikenal juga sebagai rumus “Faktor Habibie yang mana rumus ini sendiri adalah rumus yang mampu mempersingkat prediksi tentang perambatan retak hingga bahkan mendapat sebuah julukan yaitu Mr. Crack. Banyak dari industri penerbangan yang juga ada di berbagai negara sekarang ini masih memakai rumus dari permainan joker123 penemuan Habibie tersebut. Tentunya hal ini adalah salah satu hal yang sangat membanggakan bagi masyarakat Indonesia.

Sugi Guritman

Sugi Guritman merupakan seorang ahli kriptografi yang dimana berasal dari IPB . Beliau sendiri adalah orang yang sangat menanamkan sebuah konsep dasar dari sebuah teori tentang bilangan dimana beliau ini juga menjadi seseorang yang mempunyai sebuah pendapat tentang kebanyakan dari siswa yang ada di Indonesia yang dimana hanya bisa menghitung dalam sistem matematika, hanya sedikit yang dimana bisa sampai pada tahapan untuk memaknai.

Dr.Andi Hakim Nasution 

Pada saat guru besar Statistika dan juga Genetika Kuantitatif Institut Pertanian Bogor (IPB), beliau yang dimana sudah berhasil meraih gelar DOCTOR of PHILOSOPHY di P dalam bidang Statistika dan Percobaan (Experimental Statistic) yang dibuat dari North Carolina State University, Amerika Serikat.

Dr. Moedomo Soedigdomarto 

Dr. Moedomo Soedigdomarto yang dimana lahir di Magetan, Jawa Timur, 29 November 1927. Moerdomo sendiri tokoh yang termasuk lulusan bagian matematikawan dari Fakultas Ilmu Pasti dan juga Ilmu Alam (FIPIA) Universitas Indonesia. Pada tahun 1954 dimana pada saat itu  di usianya yang ke-32, Moedomo sendiri dirinya sudah meraih gelar doktor dari University of Illinois yang dimana dengan waktu study hanya membutuhkan waktu dua tahun, dengan disertasi juga berjudul “A Representation Theory for the Laplace Transform of Vector-Valued Functions”. Beliau sendiri adalah orang Indonesia pertama yang dimana menjadi paper matematikanya terekam di Mathematical Reviews. Dosen IPB  yang juga berhasil memperoleh gelar doktor matematika ke tiga yang ada di Indonesia.

Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi 

Atau tokoh yang satu ini lebih dikenal dengan nama Dr. Sam Ratulangi adalah seorang Doktor Matematika pertama yang ada di Indonesia yang dimana beliau berasal dari Sulawesi Utara. Kemudian mendapatkan sebuah gelar Doktor Matematika yang ada pada tahun 1919 M dari sebuah University of Zurich dengan disertasinya penghargaan yaitu “Kurven-Systeme in Vollstandig Figuren“. Dr. Sam Ratulangi sendiri adalah orang yang lahir di Tondano, Sulawesi Utara, 5 November 1890 – dan kemudian meninggal di Jakarta, 30 Juni 1949 dimana pada umur yang ke 58 tahun. Dia sendiri adalah seorang politikus yang berasal dari Minahasa dari Sulawesi Utara. Merupakan seorang pahlawan nasional Indonesia.

Sam Ratulangi juga menjadi orang yang sering disebut-sebut sebagai salah satu tokoh multidimensional. Karna dirinya dikenal dengan sebuah filsafatnya: “Si tou timou tumou tou” yang dimana artinya: manusia baru dapat disebut sebagai seorang manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia. Sam Ratulangi yang merupakan anak dari Jozias Ratulangi. Pada tahun 1907, sendiri yang dimana dirinya pergi ke Batavia untuk dapat melanjutkan sekolah di Koningen Wilhelmina School. Setelah tamat, yang dimana pada saat itu kemudian Sam Ratulangi sendiri yang melanjutkannya ke Vrije Universiteit van Amsterdam, yang ada di Belanda.

Di sana, dirinya yang dimana dipercaya menjadi seorang Ketua Perhimpunan Mahasiswa Indonesia yang ada di Belanda tahun 1914. Lima tahun kemudian, pada saat itu dirinya sendiri sudah berhasil memperoleh sebuah gelar doktor yang dimana gemar tersebut adalah gelar dalam bidang matematika dan juga fisika.Sam Ratulangi juga yang dimana merupakan seorang Gubernur Sulawesi yang pertama. Ia pada saat itu meninggal di Jakarta dalam sebuah kedudukan sebagai tawanan musuh yang dimana pada tanggal 30 Juni 1949 dan juga dimakamkan di Tondano. Namanya sendiri sampai saat ini diabadikan dalam sebuah nama bandar udara yang ada di Manado yaitu Bandara Sam Ratulangi dan juga Universitas Negeri di Sulawesi Utara yaitu dengan nama Universitas Sam Ratulangi.

Yogi Ahmad Erlangga

Dimana dirinya  lahir di Tasikmalaya yaitu pada 8 Oktober 1974. Dimana dirinya terkenal sebagai seorang Penemu rumus matematika yang digunakan berdasarkan dengan persamaan Herlmholtz guna untuk digunakan agar dapat meng pencarian sumber minyak bumi. Yogi Ahmad Erlangga sendiri dirinya seorang ilmuwan muda Indonesia yang juga sempat meraih gelar doktor yang ada dari Universitas Teknologi Delft, Belanda yang dimana pada usia yang pada saat itu terbilang muda, 31 tahun. Dia menjadi orang yang sangat mencintai matematika. Di negeri kincir angin itu tersebut dimana dia dinobatkan sebagai seorang doktor matematika di sana terapan. Dan matematika itulah yang dimana melambungkan nama Yogi Erlangga ke beberapa perusahaan minyak raksasa yang ada di dunia. Rumus matematika yang dimana merupakan sebuah rumus yang dikembangkannya membuat ribuan insinyur minyak yang dimana berkat rumus ini bisa bekerja cepat.

Akurasi pun sangat tinggi. Yogi yang dimana juga menjadi orang yang telah berhasil memecahkan sebuah  rumus matematika yang ada berdasarkan dengan Persamaan Helmholtz”. Keberhasilan Yogi sendiri yang dimana hal tersebut merupakan salah satu hal yang menjadi tonggak penting yang ada dan juga dikenal bagi ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi. Hasil temuannya yang dimana juga dapat diterapkan dalam sejumlah hal dan juga bidang. Salah satunya untuk dapat mempercepat sebuah pencarian sumber-sumber untuk minyak bumi. Ia yang dinama juga mampu untuk dapat memecahkan sebuah Persamaan Helmholtz yang dikenal sangat rumit, setelah mendalaminya dengan waktu selama 4 tahun.

Yogi sendiri yang dimana punya banyak sekali persamaan matematika dalam  sebuah bentuk diferensial. Yang dimana pada saat itu dilakukan oleh Yogi untuk dapat memecahkan sebuah rumus Helmholtz itu adalah sebuah cara untuk dapat mengubah perasaan ini menjadi sebuah persamaan linear aljabar biasa. Begitu didapatkan maka ia pecahkan dengan sebuah metode direct atau juga literasi.

Demikian itulah beberapa tokoh-tokoh sejarah matematika yang ada di Indonesia. Beberapa yang sudah dijelaskan menciptakan sebuah suatu hal yang baru untuk sebuah ilmu matematika. Untuk info menarik lainnya anda bisa mengecek artikel kami selanjutnya. Terimakasih.